Coldbrew dan Colddrip, Apa Bedanya?

Cold brew dan cold drip adalah dua metode seduh kopi yang berbeda meskipun terkadang kopi yang dihasilkan akan disajikan dalam botol dan sepintas terlihat sama.  Secara garis besar keduanya merupakan cara menyeduh kopi tanpa menggunakan air panas seperti pada umumnya. Proses penyeduhan yang dilakukan adalah dengan menggunakan air dengan suhu ruang atau dengan suhu yang lebih rendah lagi. Perbedaannya adalah cold drip dilakukan secara perkolasi sedangkan cold brew dilakukan dengan imersi.

Cold drip adalah teknik menyeduh kopi dengan cara melewatkan air dingin melalui bubuk kopi sebelum akhirnya hasil ekstraksi kopi masuk ke gelas penampungnya. Rasio yang direkomendasikan adalah untuk setiap satu gram kopi air yang digunakan untuk menyeduh adalah sebanyak 10 ml air. Pada metode ini waktu yang digunakan untuk menyeduh berkisar antara 1 – 24 jam tergantung dari seberapa cepat tetesan air dilakukan.

Cold brew diseduh dengan metode yang dinamakan dengan imersi yang mana proses penyeduhan ini adalah menggunakan air dingin atau air dengan suhu ruang untuk kemudian kopi akan didiamkan selama kurang lebih 12 – 24 jam dengan tujuan untuk melakukan proses ekstraksi kopi. Kami di Kopirelo terkadang menyeduh menggunakan metode ini karena memang caranya yang cukup simpel, rasio yang kami sukai adalah dengan menggunakan rasio satu gram kopi kami seduh dengan 16 ml air. Teman-teman juga bisa bereksperimen dengan rasio yang digunakan maupun lama proses ekstraksinya. Di beberapa artikel maupun video tutorial kebanyakan bahkan merekomendasikan rasio yang digunakan adalah satu gram kopi diseduh dengan 4 ml air, rasio ini sebenarnya tidak masalah hanya saja apabila akan diminum perlu diencerkan lagi dengan menambahkan air.

Pada dasarnya kedua cara seduh dengan air yang suhunya rendah ini memiliki perbedaan pada lebih ‘clean’ mana antara cold brew atau cold drip. Dari hasil riset kami memang dari segi rasa dari kedua cara seduh ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan akan tetapi saat diminum cold drip akan terasa lebih ‘clean’. Tentu mengenai lebih baik metode seduh yang mana kita tidak dapat menjustifikasinya karena kembali lagi pada selera kita masing-masing. Ohya cold brew ini mudah sekali dilakukan dirumah lho, jadi selamat mencoba ya.

Tinggalkan komentar