Istilah ‘Finca’ dan ‘Estate’ Apakah Ada Bedanya?

Istilah ‘Finca’ dan ‘Estate’ tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi apabila sudah dalam konteks kompetisi World Coffee Event. Kedua istilah ini kerap dipersepsikan sebagai perkebunan kopi yang biasanya memiliki kualitas istimewa khusus. Dalam tulisan kami akan coba membahasnya ya, namun hanya sedikit sekali yang dapat kami temukan mengenai istilah ‘Finca’ dan ‘Estate’.

‘Finca’ adalah istilah pertanian atau lahan pertanian dalam bahasa Spanyol dan banyak digunakan oleh negara yang menggunakan bahasa Spanyol di benua Amerika. Di Venezuela, lahan pertanian dapat diklasifikasikan menjadi 3: fincas comercializados (lahan pertanian komersial) memiliki luas lahan 20 hektar, mempekerjakan pekerja, memiliki sedikit mesin pertanian, dan menggunakan pupuk serta pestisida. ‘Finca’ jenisini didukung oleh pemerintah sehingga memiliki akses mudah terhadap pasar lokal dan ekspor. Produk pertaniannya biasanya tebu, kapas, padi, dan seringkali produk perkebunan. Kedua, finca conuco (pertanian keluarga) biasanya menanam produk pangan seperti jagung dan kacang-kacangan untuk konsumsi lokal dan produk komersial seperti kopi dan kakao. Ketiga, finca granderas (lahan peternakan) yang memiliki luas lebih dari 2,400 hektar. Finca granderas digunakan sebagai lahan untuk hewan ternak seperti sapi (Britannica)

Sementara itu istilah ‘Estate’ lebih banyak digunakan untuk negara Amerika Serikat dan Eropa. ‘Estate’ dapat juga digunakan wilayah yang dimiliki suatu individu atau keluarga dan tidak hanya mengacu digunakan hanya untuk pertanian saja. Contohnya di Inggris, Woburn Abbey bisa digolongkan sebagai ‘Estate’. Mansion atau rumah mewah di wilayah rural beserta dengan tanahnya juga bisa dikatakan sebagai ‘Estate’.

‘Estate’ perkebunan kopi akan lebih cocok bila mengacu pada US Code 12 bab 23 bagian 2279aa (12 U.S. Code § 2279aa) yakni istilah Agricultural Real Estate (‘Estate’ dapat diterjemahkan sebagai tanah) adalah (A) lahan, bangunan, atau struktur dalam satu kumpulan yang digunakan untuk produksi satu atau lebih produk pertanian dan memiliki luas lahan tertentu atau digunakan untuk memproduksi dalam jumlah tertentu yang ditentukan oleh perusahaan atau (B) tempat tinggal satu keluarga yang ditempatikeluarga tersebut sebagian besar waktu mereka, properti bernilai menengah yang terletak di daerah pedesaan dan tidak termasuk komunitas dengan penduduk lebih dari 2500 kepala dan tempat tinggal yang bernilai lebih dari $100,000 (tidak termasuk nilai tanah).

Tinggalkan komentar