Keluarga Frinsa Estate dan Pandangannya tentang Kopi Indonesia

Pada tanggal 11 Februari 2019, kami mendapatkan kesempatan untuk mengikuti diskusi umum bersama keluarga Frinsta Estate di Langit Senja. Diskusi hari itu diawali dengan cerita tentang pengalaman Pak Wildan Mustofa yang bersemangat mempelajari kopi langsung dari Aceh dan Toraja. Tak hanya itu, Puslitkoka pun tidak beliau lewatkan untuk menambah ilmunya tentang berbagai varietas kopi.

Dalam berbagai cerita yang disampaikan, pemaparan beliau tentang kopi dengan proses Wet Hull menjadi hal yang menarik bagi kami. Aftertaste yang kurang clean selama ini dianggap sebagai salah satu kekurangan dari kopi Wet Hull. Berbekal pengalaman, dengan jelasnya beliau menyampaikan bahwa hal tersebut disebabkan oleh laju penguapan air yang terlalu cepat pada bagian luar biji. Sehingga air dalam biji justru belum mengalami penguapan secara maksimal.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah pendapat beliau mengenai kondisi kopi di Indonesia yang dapat dikatakan “tanggung” atau berada di posisi tengah dalam jajaran kopi dunia, baik secara harga dan kualitas. Hingga saat ini, kopi Indonesia belum dikenal sebagai kopi dengan kualitas sangat baik, ditandai dengan belum tercapainya penghargaan Cup of Excellence.

Namun, beberapa tahun terakhir, mulai bermunculan kopi Indonesia yang dinilai memiliki potensi untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Contohnya kopi Mekar Wangi dari Sidangkerta, Bandung Barat yang menduduki peringkat 2 untuk kategori Kopi Indonesia dalam Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo di Atlanta, dan  peringkat 2 untuk kategori Arabika pada Kompetisi Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) 2016. Tak kalah menarik, di bulan Januari yang lalu, kopi Ateng Super dari Frinsa Estate berhasil membawa Deák Joci menjadi juara pada ajang Hungarian Barista Championship.

Prestasi kopi Indonesia yang Pak Wildan paparkan menjadi bekal motivasi bagi kami dan banyak orang lainnya untuk tetap percaya bahwa kopi Indonesia memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing di kancah Internasional. Semoga kepercayaan ini tetap bertahan menjadi sebuah cita-cita yang akan terwujud sebagai hasil yang manis dari sebuah usaha. Take a cup of Indonesian coffee, and have a good day! J

Tinggalkan komentar